MusixMatch, Satu lagi Aplikasi Menyanyi karaoke Di Smartphone

Rasanya mendengarkan musik melalui smartphone bukan lagi hal aneh yang dilakukan pemiliknya. Terlebih bila Anda sedang berada di dalam perjalanan dan mengalami kemacetan, dengan ditemani musik, perasaan bosan dapat terobati. Anda juga terkadang ingin menyanyi sesuai dengan lirik lagu yang sedang didengarkan. Apa yang Anda lakukan untuk mengetahui lirik sebuah lagu? Mencarinya di Google? Kali ini ada MusixMatch, aplikasi yang dapat menunjukkan Anda lirik dari setiap lagu.

Tidak hanya lagu Barat saja

ss musixmatch1
Aplikasi MusixMatch pertama kali dikenalkan kepada publik di tahun 2010 oleh sang founder Massimo Ciociola dan saat itu hanya dapat digunakan untuk komputer desktop saja. Barulah pada kuartal keempat 2011, MusixMatch dihadirkan untuk berbagai perangkat smartphone iOS, Android, dan juga Windows Phone. Kini aplikasi MusixMatch juga merambah untuk smart TV dan juga YouTube melalui Chrome Web Store.
Menurut website MusixMatch saat ini tim yang bekerja di balik aplikasi ini terdiri dari 30 orang di berbagai kota seperti London dan New York. Di dalam website tersebut juga dijelaskan sudah terdapat lebih dari tujuh juta lirik lagu dalam 38 bahasa. Sedangkan untuk pengguna, mereka mengklaim telah memiliki lebih dari 30 juta pengguna. Sejauh ini, MusixMatch berhasil mendapatkan pendanaan sebesar USD 10 juta (sekitar Rp 125 miliar).
ss musixmatch2
Tampilan awal aplikasi MusiXMatch ini cukup menarik. Tak jauh berbeda dengan aplikasi pemutar musik lainnya, MusiXMatch for Android menampilkan lagu berdasarkan beberapa kategori, yakni Albums, Genres, Artists, Folders, Tracks, dan Playlist. MusiXMatch juga dilengkapi dengan fitur layaknya equalizer pada aplikasi pemutar musik lainnya. Ada pula fitur seperti shuffle, repeat, menciptakan playlist, dan sebagainya. Dalam aplikasi MusiXMatch juga terdapat fitur favorites untuk menandai lagu-lagu disukai penggunanya.
Ketika meng-klik sebuah lagu, liriknya akan ditampilkan per kalimat mengikuti lantunan lirik lagu yang sedang Anda dengarkan. Saat Anda kembali pada layar utama smartphone, pop-up aplikasi MusixMatch langsung berada di tengah layar. Dalam pilihan pop-up ini, pengguna diberikan fitur untuk merubah ukuran tampilan sesuai keinginan. Ada pula fitur Lock untuk tetap menampilkan lirik tanpa terganggu meski berpindah ke halaman lainnya. Syarat utama sinkronisasi antara lagu dan lirik yang sesuai adalah pengguna harus memberi nama yang sesuai berdasarkan penyanyi dan judul lagunya pada file musik yang dimiliki.
Namun sayangnya pada saat mode pop-up, aplikasi ini hanya memiliki background warna hitam dan tidak dapat dikustomisasi. Akan lebih menarik jika warna background dan lirik yang berjalan dapat diubah-ubah sesuai keinginan.
Bila pengguna masuk kembali ke dalam aplikasi, MusixMatch akan menampilkan art cover dari album lagu yang dimainkan. Sebagai catatan, pengguna harus selalu terkoneksi dengan data internet atau wifi untuk menggunakan aplikasi ini.
ss musixmatch3
Bagaimana dengan lagu Indonesia? Saya mencoba lagu lama milik Glenn Fredly, yakni Kisah Romantis, tidak ada kendala dalam menampilkan lirik. Untuk lagu Indonesia lainnya pun tetap tersedia liriknya karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi sudah tersedia dalam puluhan bahasa berbeda di seluruh dunia. Artinya adalah, lagu dari berbagai bahasa sudah tersedia liriknya di aplikasi ini.

Aplikasi lainnya yang coba tawarkan fitur serupa adalah CrintSoft Music Player, LirikMini, dan LyricsPlayer. Namun saya mengakui bahwa MusixMatch memiliki tampilan lebih atraktif dan simpel dibandingkan kompetitor yang saya sebutkan.
Secara keseluruhan, bagi Anda yang ingin mengusir penat dengan bernyanyi layaknya di tempat karaoke, MusixMatch merupakan aplikasi yang sesuai dengan Anda.

Plus

  1. Konten lirik untuk lebih dari tujuh juta lagu di seluruh dunia
  2. Tampilan aplikasi menarik
  3. Menampilkan cover album untuk setiap lagu yang dimainkan
  4. Tidak terdapat gangguan iklan

Minus

  1. Harus terkoneksi dengan internet untuk menggunakan aplikasi
  2. Warna background aplikasi saat pop-up tidak dapat diubah. Hanya warna hitam yang terlihat tidak menarik
MusixMatch dapat di-download melalui:
Google Play: MusixMatch – gratis
iTunes App Store: MusixMatch – gratis
Windows Phone Store: MusixMatch – gratis
Windows PC: MusixMatch – gratis
Chrome Web Store: MusixMatch – gratis

Sumber : techinasia.com

0 Response to "MusixMatch, Satu lagi Aplikasi Menyanyi karaoke Di Smartphone"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed