3 Aktifitas Saat Bernyanyi Ini Luar Biasa Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental



3 Aktifitas Saat Bernyanyi Ini Luar Biasa Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental Diawal artikel yang saya tulis adalah bahwa menyanyi merupakan sebuah kebutuhan. Kenapa ? karena banyak sekali manfaatnya yang kita dapat, salah satunya berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Seperti yang kita rasakan sendiri, dalam menyanyi melibatkan 3 hal yang selalu menemaninya yaitu : gerakan tubuh, suara dan pernafasan serta perasaan (mood). Nah, jika kebiasaan menyanyi ini  menjadi hobby atau bahkan sudah menjadi penghasilan tidak ada alasan bagi sobat ngamen untuk berhenti dan meninggalkan aktifitas bernyanyi. 3 aktifitas saat bernyanyi yang manfaat bagi kesehatan ini saya kutip dari beberapa study dan saya sajikan untuk anda diantaranya :



3 Aktifitas Saat Bernyanyi Ini Luar Biasa Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental
1. Gerakan tubuh saat  menyanyi saat menngkatkan kebugaran tubuh, kesehatan jantung, Bernyanyi merupakan olahraga bagi otot tubuh. Saat bernyanyi, hampir sebagian besar otot-otot di sekitar perut (diafragma) akan bekerja dan ini dianggap sebagai latihan yang sangat baik untuk otot tubuh bagian atas. Dari sebuah penelitian Professor Graham Welch, seorang Profesor dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, bernyanyi ternyata merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan. Graham yang telah 30 tahun meneliti manfaat menyanyi bagi kesehatan mengatakan bahwa bernyanyi dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Mengapa? Karena bernyanyi merupakan sebuah aktivitas aerobik yang mampu meningkatkan pasokan oksigen ke aliran darah di seluruh tubuh dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular (jantung).


3 Aktifitas Saat Bernyanyi Ini Luar Biasa Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental2. Pernafasan dan artikulasi suara yang keluar masuk dari mulut dan hidung saat menyanyi bermanfaat bagi paru paru , hidung, tenggorokan. Dengan menyanyi, kamu sambil melatih fungsi paru-paru, sehingga kamu bisa bernapas lebih dalam,bagus juga untuk penderita asma Bernyanyi juga dapat membersihkan sistem pernafasan dan sinus. Aktivitas aerobik dari bernyanyi memberikan manfaat positif bagi sistem pernafasan. Aliran udara yang meningkat pada saluran pernapasan bagian atas ketika kita bernyanyi akan menurunkan kemungkinan bakteri untuk berkembang di sana sehingga saluran pernapasan akan menjadi lebih bersih dan sehat. Dari sisi ini, bernyanyi juga dapat bermanfaat untuk mengurangi (menghilangkan) gangguan mendengkur. Selain itu suara vokal yang keluar dari mulut bisa menstimulasi organ organ dalam tubuh kita seperti :

Menyanyikan vokal (suara) e panjang dapat menstimulasi kelenjar pineal, kelenjar yang mengontrol jam biologis tubuh manusia dan dapat meningkatkan kewaspadaan.

Menyanyikan suara e pendek dapat menstimulasi kelenjar tiroid yang dapat mensekresi hormon yang mengatur kecepatan sistem pencernaan dan sistem lain dalam tubuh.

Menyanyikan suara o panjang di lautan dapat menstimulasi pankreas yang mengatur gula darah. Hal ini berarti menyanyi juga dapat menurunkan kadar gula darah.

Menyanyikan suara double O (O dua kali) dapat memperkuat imunitas dan mengaktifkan limpa yang mengatur produksi sel darah putih.


3 Aktifitas Saat Bernyanyi Ini Luar Biasa Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental3. Mengekspresikan syair lagu gembira, sedih, lagi jatuh cinta, lagi putus cinta, melampiaskan kemarahan dan lain lain dapat menurunkan tingkat stress melalui kerja sistem endokrin tubuh kita yang berhubungan dengan perasaan merasa nyaman dan lebih baik. Menyanyi mampu membuat perasaan menjadi lebih baik karena dilepaskannya hormon endorfin keseluruh tubuh saat kita bernyanyi. Makanya jangan heran mengapa banyak orang yang sering bernyanyi atau berkaroke ria untuk menghilangkan stress dan kepenatan. Dari sini bisa berefek pada memperpanjang usia, meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Universitas Frankfurt, Jerman yang juga sudah diterbitkan di US Journal of Behavioral Medicine, disebutkan bahwa menyanyi dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Para peneliti melakukan tes darah pada anggota kelompok paduan suara profesional di Frankfurt. Tes darah dilakukan 60 menit sebelum dan sesudah latihan bernyanyi. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa konsentrasi imunoglobulin A, protein yang ada dalam sistem imun tubuh manusia yang berfungsi sebagai antibodi ternyata meningkat cukup signifikan selama latihan vokal berlangsung.

Demikian artikel saya kali ini ,semoga bermanfaat, tetap semangat dalam bernyanyi
Artikel bermanfaat lainnya juga bisa sobat temukan disini

4 Responses to "3 Aktifitas Saat Bernyanyi Ini Luar Biasa Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental"

  1. wahhh ternyata bernyanyi juga ada manfaatnya ya gan buat kesehatan hehe
    semenjak baca artikel ini,ane jadi pengen nyanyi" gan XD

    ReplyDelete
  2. wah ternyata bermanfaat ya, niche articel

    ReplyDelete
  3. informasinya bermanfaat banget gan buat ane jadi pengen nyanyi terus terusan nih biar sehat hehehe.. :D

    ReplyDelete

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed