Aplikasi Rekaman Menggunakan Sound Recorder Windows Bikinan Sendiri

Tutorial ini saya buat bukan untuk membuat sebuah tempat aplikasi rekaman dengan fasilitas yang mahal dengan peralatan peralatan yang serba digital, tetapi hanyalah memanfaatkan peralatan yang sebagian besar kita punya untuk membuat file aplikasi rekaman suara kita yang lagi menyanyi dan nantinya bisa kita dengarkan sendiri suara nyanyian kita tersebut.Tentu saja kelemahannya adalah kualitas suara kita yang kurang bagus karena semakin mahal peralatan pasti semakin bagus kualitas suara yang dihasilkan, tapi gak apa apa kita akan memanfaatkan semaksimal mungkin peralatan yang ada untuk merekam suara kita .

Memang idealnya kita harus punya soundcard external untuk mencampur suara lagu dari input computer bahkan dari external instrument seperti keyboard, gitar listrik tetapi okelah kita lupakan dulu tentang sound card. Tetapi PC desktop atau laptop dengan microfon PC harus sobat siapkan . Tetapi kali ini saya akan menjelaskan caranya :
1. Siapkan Peralayan PC atau laptop dan Microfon boleh mikrofon besar atau kecil yang penting colokannya kecil atau jika colokannya besar harus menggunakan converter colokan besar ke kecil .
2. Colokkan Microfon di tempat colokan yang berwarna merah (Line in Mic)
3. Setting Suara microfonnya dengan cara Klik Control Panel  > Hardware and Sound > Sound . Klik tab Recording klik Microfon dan Levelnya sesuaikan (biasanya (80-90), Di tab Listen jangan lupa centang Listen to this device > Apply >OK
4. Sampai disini seharusnya kita tes suara microfon sudah terdengar di speaker out.
5.Coba rekam suara sobat dengan klik Sound  Recorder , tempatnya di bagian Accesories atau kalau windows 8 sobat klik Seach Apps di bagian kanan atas ketik Sound Recorder dan suara sobat siap di rekam.
6. Simpan hasil rekaman dan suara siap di putar,

Untuk Tutorial lebih jelas , Sobat Bisa Tonton Video tutorial berikut ini :
 Untuk Tutorial Berikutnya Silahkan disimak : cara merekam Suara dan lagu menggunakan Adobe Audition

0 Response to "Aplikasi Rekaman Menggunakan Sound Recorder Windows Bikinan Sendiri"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed