Cara mengedit Midi dengan FL Studio

Bagi sobat ngamen yang ingin memperbaiki hasil aransmen lagu dari OMB, cara yang paling gampang adalah menggunakan Fruity Loops Studio (FL Studio). Sebenarnya FL Studio adalah software terkenal yang banyak digunakan para arranger untuk memproduksi sebuah lagu secara digital, namun bagi saya kelemahan bagi para pemula harus mempelajari dengan tekun dalam waktu yang lama untuk mengetahui  fungsi masing masing interface yang ada didalam Fruity Loops. Kalau tidak, maka hasil yang dicapai akan sia -sia. Kenapa ?,  karena selain kita harus mengetahui fungsi tombol dan menu dalam Fruity loops juga harus mengerti tentang not, akord dll.

Nah disini saya tidak memberikan tutorial lengkap tentang Fruity Loops namun akan memanfaatkan Fruity Loops untuk menambah melody dalam sebuah lagu dari hasil rekaman di OMB. Biasanya sebuah lagu yang sudah diciptakan di OMB hanya akord mentah yang masih perlu di poles dengan melodi di intro, refff dan di ending sebuah lagu. Caranya adalah sebagai berikut :
1.Masuk Ke Fruity Loops > Klik File > Open , Pilih Lagu Midi yang akan sobat tambah melodinya
2. Setelah itu akan muncul Channel channel Lagu yang ada di file midi tersebut dari channel 1 sampai biasanya Channel 14 . Pilih Salah satu Channel yang rencananya akan kita sisipkan melodi di dalamnya .Setiap midi Channel melodinya tidak sama kadang di Channel 1 , Channel 4 , atau 5 ( cara mengetahuinya adalah dengan menekan tombol Play yang ada diatas dan matikan /hidupkan lampu yang ada di setiap channel dan dengarkan.
Cara mengedit Midi dengan FL Studio
 3. Kalau semua Channel Sudah Dipakai Sobat Juga bisa menanbah channel baru dengan cara Klik Channel > Add One >Layer , setelah bertambah Klik Kanan Layer dan Plilh Piano Roll , Sobat Bisa Membuat satu channel baru untuk membuat melodinya.
4. Jika Sudah Tahu letak Melodinya, Klik dan kita buat not notnya seperti ini. Kesulitan bagi pemula untuk membuat melodinya adalah ketika kita menempatkan garis garis ini sesuai dengan akord dalam lagu tersebut, kalau tidak lagu yang dihasilkan akan semakin jelek. Caranya : setiap meletakkan notnya kita dengarkan lagunya dan hasilnya sudah pas atau belum, kalau belum harus kita ubah kembali ke posisinya. hal ini memakan waktyu yang lama untuk mengerjakannya. makanya tips saya menambah not hanya digunakan untuk intro, reff dan ending saja , lainya kita buat saja di OMB akan lebih cepat dan mudah.
Cara mengedit Midi dengan FL Studio
3. Setelah selesai Klik save As > Buat Nama Filenya dan Midi Hasil Editan Kita ,Siap dimainkan

0 Response to "Cara mengedit Midi dengan FL Studio"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed