Mengintip Tren Musik Qasidah Saat Datang Ramadhan

Mengintip Tren Musik Qasidah Saat Datang Ramadhan

Banyak sekali sebutan untuk jenis musik Islami seperti Qosidah , Qasidah, Gambus, Padang Pasir, Rebana, Religi, Samroh, Timur Tengah, Hadhroh dan lain lain yang kesemuanya mempunyai asal usul dan ciri khas masing masing. Namun dari segi lantunan lagu dan isi syairnya adalah bernafaskan Islam baik dalam hal ibadah kepada Allah SWT atau berisi fatwa kehidupan tentang bagaimana sesungguhnya menjadi seorang muslim sejati. 

Penikmat musik Qasidah adalah hampir sebagian orang orang yang sudah berumur, jarang anak muda yang saya jumpai mau menggandrungi musik Qasidah seperti lagu lagu nya Nasidaria, Nida Ria, Hj.Nur Asiah Djamil, Asmidar Darwis dan lain lain. Tetapi berbeda dengan lagu lagu yang dinyanyikan Opick, Alm. Ustadz Jefri Al Buchori, Haddad Alwi dan lagu lagu Pop Islami yang dinyanyikan oleh Band Wali, Band Ungu dan beberapa group band yang lain. Banyak anak muda yang cenderung lebih menikmati musik yang ini. Saya tidak akan mengulas terlau jauh mengapa ?. Yang jelas menurut saya media massa membawa pengaruh terbesar terhadap trending sebuah aliran musik saat ini. Aliran lagu dan musik yang sering tampil di media, itulah yang menjadi trennya.

Saya pikir berbeda dengan tren musik Islam atau apapun namanya, saat datang Bulan Ramadhan semua menjadi tren. Yang tua kebanyakan menikmati lagu lagu qasidah atau lagu gambus, sedangkan yang muda lebih menikmati lagu lagu pop religi. Saat menjelang buka puasa atau saat  waktu sahur sambil menunggu imsak dan shubuh tiba, selalu kita perdengarkan lagu lagu Islami sebagai cara kita untuk menambah petuah dalam syair lagu sekaligus menikmati musiknya.

Kesimpulan saya bahwa tren musik qasidah dan Islam secara umum tidak bisa dibentuk dari media masa tetapi akan tren sendiri disaat datang hari hari besar baik saat puasa Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, dan lain sebagainya.

Tulisan ini saya angkat sebagai rasa cinta saya dengan jenis jenis terutama musik Qasidah, Gambus dan Musik Timur Tengah.harapan saya mudah mudahan penikmat musik ini akan selalu bertambah tidak hanya dikalangan orang tua saja tetapi anak muda.

Demikian semoga bermanfaat
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------