Tips Memilih Amplifier Untuk Karaoke

Memilih amplifier untuk karaoke sebenarnya gampang gampang susah. Gampangnya adalah kalau kita punyak banyak uang silahkan cari yang bermerk terkenal seperti Polytron, Sony, Peavey dan lain lain. Namun susahnya adalah jika kita mempunyai uang yang pas pasan seperti saya, harus benar benar selektif jangan sampai salah pilih menyesal dibelakang hari. Kalau sobat ngamen sama seperti saya, saya punya satu amplifier yang sampai saat ini tetap setia menemani saya setiap berkaraoke dirumah. Ampli ini saya beli 2 tahun yang lalu dan sampai saat ini masih bisa dipakai dan suaranya hmmm.. menggelegar. Merknya cukup merk lokal Worldstar. Atau orang bilang ampli buatan negeri tirai bambu, China.

Oke sobat, tak usah panjang lebar kali ini saya akan bagikan sedikit tips memilih amplifier khususnya ampli rakitan atau ampli buatan pabrik lokal :
  • Langkah penting adalah memilih kekuatan suara ampli, tanyakan kepada penjual jika sobat memiliki speaker 12 inci, atau 18 inci jenis ampli mana yang cocok, lansung test. Mengapa ? banyak amplifier yang tertulis 1000 watt misalnya tetapi dari segi kekuatan suaranya tidak nyampek. makanya kekuatan suara ampli langsung di tes. Dengarkan suara bassnya ada tendangan suara yang menggelegar atau tidak.jika oke berarti kekuatan ampli bisa menyeimbangkan kekuatan speakernya. Kelemahan merk lokal terletak pada ketahanan dan suara penyaring yang kurang bersih dibandingkan ampli built up (bermerk). Oleh karena itu supaya bisa tahan lama pilihlah ampli yang mempunyai kekuatan diatas kekuatan speakernya.
  • Kelengkapan panel. Kebanyakan yang kita pilih untuk keperluan karaoke adalah amplifier plus preamp dan equalizer. Oleh karena itu panel colokan input mic minimal harus dua (untuk nyanyi duet) , perhatikan juga stelan untuk pre amp, equalizer dan panel output untuk ke speaker aktif maupun speaker pasif.
  • Periksa ketika juga kipas pendingin ampli , apakah setara dengan kekuatan ampli atau tidak, cara mengeceknya adalah selama ampli dites mungkin sampai 10 atau 15 menit adakah overheating (panas yang berlebihan) di body ampli. Jika ada jangan di beli dan cari jenis yang lain. Jika hanya hangat hangat kuku saja berarti pendingin bisa bekerja dengan maksimal.
  • Kelebihan ampli merek lokal adalah jika mengalami kerusakan, tukang service bisa dengan mudah memperbaikinya karena suku cadang yang tersedia. Namun demikian agar sobat tidak kecewa ketika membeli amplifier, minta kartu garansi. Biasanya garansi diberikan oleh pabrik (bukan oleh toko) selama 1 tahun.
Demikian tips membeli amplifier merek lokal semoga bermanfaat dan selamat berkaraoke ria.

0 Response to "Tips Memilih Amplifier Untuk Karaoke"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed