4 Teknik Dan Mindset Panggung Untuk Kontes Menyanyi

Pernah dengar kata demam panggung ? Ya, yaitu perasaan grogi atau canggung saat berada dipanggung karena dilihat dan menjadi perhatian orang banyak terutama saat menyanyi. Berada dipanggung saat menyanyi harus dilakukan oleh seorang penyanyi baik seorang penyanyi amatir maupuin profesional karena menyanyi pada intinya adalah menghibur orang banyak dengan suara merdu dengan lirik yang pas dengan gaya dan perform di panggung. 

Oleh karena itu agar penonton atau penikmat musik merasa puas dengan sebuah nyanyian yang ditampilkan oleh seporang penyanyi, seorang penyanyi harus memahami dengan baik bagaimana teknik panggung dalam menyanyi. 


 Sebenarnya cara yang paling sederhana utuk agar kita bisa menguasai panggung tanpa rasa canggung adalah dengan mengalahkan dan menguasai pikiran kita sendiri untuk terus fokus pada suara dan penampilan.


Secara umum berikut ini adalah teknik dan mindset panggung untuk kontes menyanyi  diantaranya adalah :

1. Sikap dan Gerakan : Mengapa sikap tubuh sangat berpengaruh pada sirkulasi nafas yang merupakan unsur penting dalam bernyanyi. Sikap ini harus dilatih, baik sikap duduk maupun sikap berdiri. Sikap tubuh sangat mempengaruhi produksi suara seorang penyanyi baik penyanyi solo maupun penyanyi paduan suara. Pada saat menyanyi tubuh harus dalam kondisi yang rileks (bukan santai). Tubuh yang rileks dimaksudkan agar suara yang dihasilkan juga rileks dan tidak tegang. Untuk menciptakan suasana yang rileks sebelum bernyanyi diperlukan suatu relaksasi atau pelemasan tubuh dengan cara bersenam, memijat, dll.
Relaksasi perlu dilakukan pada saat latihan dan juga pada setiap sebelum penampilan, apalagi pada saat berlomba. Mental yang tegang mengakibatkan tubuh menjadi tegang pula, sehingga suara yang dihasilkan tidak maksimal.Posisi tubuh dalam menganyi harus mendapat perhatian. Posisi yang baik adalah berdiri dengan membagi beban yang sama pada dua kaki dan menempatkan kaki sedemikian rupa sehingga menjadi seimbang, terutama agar tubuh juga dapat ikut bergerak mengkespresikan dari lagu yang dinyanyikan.
Pada posisi menyanyi sambil duduk, posisi tubuh  bagian pinggang ke atas harus dalam kondisi yang sama dengan posisi tubuh bagian pinggang ke atas pada saat sedang berdiri. Posisi tubuh yang gagah sangat dibutuhkan.Ekspreasi wajah pada saat menyanyi juga sangat menentukan. Pada saat mengambil nada-nada yang tinggi perlu konsentrasi dalam menyanyikannya, maka alis dapat dinaikan, serta pipi seperti seorang yang sedang tersenyum dan jangan lupa untuk membuka mulut yang lebar sesuai dengan ketentuan yang biasa dilakukan dalam menyanyi.
Pada saat menyanyi memang nampak wajah akan terlihat jelek, namun suara yang dihasilkan akan jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan kalau kita menyanyi hanya ingin menampilkan penampilan saja.

Gerakan panggung harus dinamis dan santai tidak statis dan mematung, kecuali untuk lagu lagu tertentu yang memang tidak membutuhkan  gerakan yang dinamis.Teknik blocking (menguasai panggung dengan bergerak kekiri- kanan , depan atau ke belakang juga sekali kali harus dilakukan untuk memancing perhatian penonton.Bahkan anda juga bisa melakukan komunikasi dengan penonton secara langsung.

2. Yakin dan percaya pada diri sendiri untuk menjadikan hal yang berbeda dengan orang lain. bahkan dengan mind set ini anda bisa ciptakan sesuatu yang unik dan khas untuk membuat anda lebih percaya diri. Sugestilah diri anda bahwa latihanlah yang membuat tubuh anda bisa melakukan dengan baik apa yang harus dan tidak harus dilakukan ketika berada dipanggung.Trik sederhana disaat anda mulai melanghkah ke tengah panggung adalah dengan memejamkan mata sebentar membuat fokus dengan cara rileks dan demikian juga disaat sedang menyanyi coba lakukan beberapa detik dengan memejamkan mata membayangkan kita sedang bercerita dengan penonton melalui lagu yang kita nyanyikan.

3. Fokus dan jangan risaukan apa yang ada dibenak penonton. jangan fikirkan penonton suka atau tidak. jangan jangan malah nanti saya disoraki dan dicemooh dan lain lain.Jika ini masih ada di benak anda silahkan dibuang jauh jauh. Biarkan anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu . Biarkan penonton bersorak senang atau bersorak mengejek yang penting tetap fokus menyanyi seperti yang sudah anda latih selama ini.

4. Kesalahan adalah sifat manusia : Jika anda salah dipanggung tidak ada orang yang akan memarahi anda, yang ada alah nasehat untuk lebih baik. Karena kesalahan adalah sifat manusia bahkan pelatih menyanyipun juga bisa melakukan kesalahan. Yang terjadi malah biasanya menyalahkan diri sendiri karena penampilan yang tidak memuaskan. Silahkan untuk meninggalkan sifat tersebut untuk mengubahnya secara konstruktif mencari bagian mana yang perlu diperbaiki dan bagian mana yang tidak.


Demikian 4 hal teknik dan mindset panggung untuk kontes menyanyi

0 Response to "4 Teknik Dan Mindset Panggung Untuk Kontes Menyanyi"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed