Cara Memainkan Keyboard Techno T9800i Menggunakan OMB

Bagi sobat yang ingin menambahkan fitur keyboard murah Techno 9800i layaknya bisa memainkan sampling seperti keyboard mahal, sobat harus menghubungkan ke komputer. Sebenarnya keyborad techno hanyalah digunakan untuk menggantikan keyboard laptop ke tuts keyboard techno agar dalam memainkan sampling di laptop tidak kesulitan dengan menekan tombol keyboard PC yang sebenarnya tidak digunakan khusus untuk memainkan sampling tetapi hanya lah untuk mengetik.Walaupun demikian untuk fill in maupun ending atau intro kita tetap masih menekan tombol keyboard PC untuk memainkannya. Oleh karena itu jika kita ingin memainkan keyboard dengan cara ini, letakkan keyboard PC dekat dengan Keyboard techno 9800i sobat, karena ketika akan menekan tombol spasi (biasanya) untiu fill in tidak terlalu jauh dari tuts keyboard.


Sebelum menghubungkan keyboard dengan PC alangkah baiknya sobat baca tutorial ini untuk bisa memainkan OMB dengan baik jika dihubungkan dengan Coolsoft VirtualMidiSynth dengan Soundfont SGM V2, kemudian setelah sobat bisa setting outputnya silahkan dimainkan OMBnya tanpa menghubungkan dulu dengan keyboard kalau sudah normal, jika belum normal silahkan baca tutorial ini cara memainkan virtual keyboard OMB menggunakan style Yamaha. Nah saatnya kita gunakan keyboard T9800i untuk pengganti tombol keyboard PC dalam memainkan lagu. 

Bahan bahannya :
  • Laptop atau 1 unit PC dengan speaker out dengan penguat subwofer agar suara keluarnya keras dan ngebass.
  • Kabel midi, jika ada ujung colokannya 2 midi out dan midi in gunakan yang midi out, dan ujung satu lagi adalah untuk colokan USB di PC.
  • Software OMB yang sudah dihubungkan dengan coolsoft dengan soundfontnya.
Berikut caranya :

1. Karena di keyboard Techno 9800i tidak mempunyai colokan midi in, maka suara yang keluar dari keyboard adalah dari speaker out yang dicolokkan dari PC. Oleh karena itu colokkan kabel midi outnya saja ke keyboard Techno 9800i dan ujung satu lagi colokkan ke PC.

2. Cara setting OMB adalah ubah :
Setting > Midi In  > USB (centang)
Setting > Midi Out > Pastiakan Channel 10 dan 11 adalah Coolsoft

3. Jangan lupa perhatikan setting di coolsoft agar sinkron dengan OMB dan suara output bisa keluar melalui penyaring soundfontnya.

4. Jika semuanya berjalan dengan baik sampai tutorial ini sobat sudah bisa cek tuts nada keyboard Techno suaranya sudah keluar.

5. Cara memainkannya adalah pilih style Yamaha yang sobat suka, mainkan di OMB dan tambahkan variasinya dari Keyboard techno sampai lagu berakhir.

Selamat mencoba.

3 Responses to "Cara Memainkan Keyboard Techno T9800i Menggunakan OMB"

  1. saya pake casio ctk 731, dan saya hubungkan dengan OMB juga.
    ini saya mau berbagi pengalaman.
    ini link blog saya :

    http://www.fakemusic.net/2016/11/cara-sampling-keyboard-casio-ctk-731.html

    ReplyDelete
  2. Mohon para senior pemusik...bagaimana caranya suara sampling dari laptop bisa keluar dari keyboard techno t9700....karena keyboard saya cuma hanya ada MIDI OUT saja

    ReplyDelete
  3. Klo setting di techno t9880i gmna ya gan???

    ReplyDelete

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed