Lima Belas Menit Yang Sangat Berkesan

Sobat Ngamen, kali ini saya akan bercerita sedikit tentang kiprah pengamen jalanan khas Medan, bagaimana kisahnya ?, silahkan dibaca di Inspirasi Musik kali ini.

Seperti biasa, sepulang mengajar saya selalu memanfaatkan transportasi bis untuk perjalanan pulang dari Serdang Bedagai menuju Kota Medan. Kurang lebih 1 jam perjalanan saya tempuh dengan menaiki bis favorit saya Bis Intra dan Sejahtera dengan Jurusan Medan - Pematang Siantar - Parapat ini. Enam hari dalam seminggu saya habiskan waktu untuk selalu setia menempuh rute ini, agar dapur selalu mengepul, wkwkwkw.

Kisah bermula ketika bis mulai menurunkan penumpang di Simpang Timbangan Lubuk Pakam, disitulah ada seseorang yang mulai menaiki bus dengan membawa alat musik gitar. Setiap hari, setiap bis yang saya tumpangi melewati Simpang Timbangan , selalu naik kadang beberapa anak muda, kadang setengah tua dan mulai menyanyikan bait bait lagunya.

Perjalanan lima belas menit dengan para pengamen jalanan ini serasa menjadi kisah potret perjalanan karir para pengamen di Medan. Mulai dari penampilannya, para pengamen ini jauh dari kesan yang menyeramkan, penampilan fisiknya biasa biasa saja, sikapnya yang sopan dan tidak ada kesan memaksa jika penumpang tidak memberikan uang tip. Hal ini berbeda jauh dengan karakteristik orang Medan yang terkesan keras.

Yang sangat berkesan bagi saya adalah suara khasnya, selama 15 menit selalu menyanyikan lagu lagu Batak dengan nada tinggi dan beberapa lagu yang lain tanpa ada fals sama sekali dan sesekali diiringi dengan duet. Hal ini serasa membius pendengaran penumpang, dan terbukti sebagian besar penumpang memberikan tips nya dengan suka rela.

Ada 4 sampai 5 lagu yang dinyanyikannya sampai akhirnya selesai dan turun di pintu Tol Tanjung Morawa.

Kesimpulan : Jika ngamen jalanan sobat anggap adalah pilihan hidup, buktikan secara profesional seperti : kembangkan keterampilan menyanyi dan menguasai alat musik dengan baik, sopan dengan semua orang, tidak boleh memaksa untuk meminta uang tips dan buat se kreatif mungkin penampilan dan suara anda. Dengan cara ini orang akan bersimpati dan menghargainya dari hiburan yang sobat berikan. Insya Allah rejeki akan selalu mendatangi anda.

0 Response to "Lima Belas Menit Yang Sangat Berkesan"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed