SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H MINAL 'AIDIN WAL FAIZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

Pernah Menyanyi Fals ?, Berikut Cara Menghindarinya

Fals adalah sebutan untuk orang yang lagi menyanyi tetapi dengan nada yang tidak teratur seperti kerendahan atau ketinggian atau bahkan jika falsnya yang parah bisa jadi naik turun tak tentu arah. Menyanyi dengan nada fals biasa dilakukan oleh orang yang lagi belajar menyanyi atau ketika saat menyanyi tidak fokus dan bisa juga diakibatkan oleh ketidak tahuannya tentang teknik vokal.

Nah berikut ini adalah tips yang diberikan oleh Fauzan Ali Maulana, agar bisa terhindar dari fals saat menyanyi :

Lakukanlah latihan bernyanyi dengan menutup salah satu telinga, bisa telinga kiri atau kanan. Dengan menutup salah satu telinga ketika bernyanyi, kita bisa lebih jelas mendengar output vocal kita. So, kita bisa lebih mudah mengontrol nada yang kita keluarkan.
Cara ini bisa juga dilakukan ketika kita sedang bernyanyi di atas panggung. Di tengah bingarnya iringan musik, terkadang kita sulit mengontrol nada. Nah, dengan menutup salah satu telinga, vocal kita akan lebih terkontrol. Tapi, untuk menjaga performance, sebaiknya cara ini dilakukan ketika diperlukan saja. Jangan terlalu sering, cukup ketika kita betul betul sangat sulit mengontrol nada atau ketika kita akan menjangkau nada-nada yang beresiko.
Ada banyak pendekatan yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan hasil latihan anda. Bila Anda sudah mempunyai metode latihan yang baik dan juga kemampuan maupun tehnik vokal yang  baik, tetapi hal tersebut belum cukup mendatangkan hasil yang baik . Maka diperlukan suatu strategi latihan yang dapat mengoptimalkan hasil dari latihan anda. Yang berdasarkan pengalaman kami rumus latihannya sebagai berikut :

1) ‘Bernyanyi & Bernyanyi” . Banyak menyanyikan lagu-lagu  seringkali tidak banyak manfaatnya dalam meningkatkan keahlian anda dalam bernyanyi. Hanya ‘menyanyikan’ lagu dengan  berulang kali dengan harapan bahwa entah bagaimana, akan dapat meningkatkan teknik vokal  dan kemampuan anda dalam bernyanyi dengan sendirinya akan membawa hasil . Namun jika Anda hanya ‘menyanyikan’ lagu dan tidak ‘MEMPRAKTIKAN’ teknik Anda, maka sudah pasti tidak akan mendapatkan hasil latiha seperti yang diharapkan.

2) FOKUS pada tehnik vocal anda dan bukan  pada lagu yang anda nyanyikan.
Otak kita akan sulit fokus pada 2 hal yang berbeda pada saat yang bersamaan. Jika kita hanya fokus pada syair dan melody dari lagu yang kita nyanyikan maka tenik vocal akan terabaikan, tidak mungkin bagi otak Anda untuk memproses informasi dari dua hal yang sama sekali berbeda ‘objek’ atau ‘fokus’ secara bersamaan.
Kita  tidak mungkin fokus pada teknik vokal jika kita berkonsentrasi begitu keras pada syair dan melodi lagu tersebut.

Maka guna menghindari 2 hal tersebut diatas, maka agar latihan kita mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya  latihan kita dianjurkan untuk menggunaka rumus yang urut urutannya sebagai berikut:
  • Kuasai syair dan melodi lagu yang akan kita nyanyikan
  • Melakukan Pemanasan Vocal
  • Pemanasan Vocal  Anda SANGAT penting! Hal ini sama pentingnya para olahragawan yang akan      bertanding. (sebaiknya dilakukan selama 5 sampai 10 menit)
  • Latihan TEKNIS
  • Berlatihlah  SATU atau DUA bagian teknik vokal yang akan  anda gunakan yang sesuai untuk memperbaiki beberapa kelemahan anda dalam menyanyikan lagu yang akan anda bawakan nantinya. (dilakukan 10 sampai 15 menit)
  • Terapkan Tehnik Tersebut Pada Lagu Anda
  • Praktekan Tehnik yang anda sudah latih tersebut pada lagu yang akan anda nyanyikan dengan cara menyanyikan lagu Anda, dengan didukung oleh hasil dari ‘latihan teknis’ Anda . (lakukan 15 sampai 20 menit)
  • Cooling Down Vocal  sama pentingnya dengan Warm Up Vocal. Ini membantu mengembali kan suara anda kebentuk  aslinya.  Misalnya, darah yang telah dipanggil untuk beredar di daerah pita suara anda dan otot, akan  menyebabkan ketegangan  dan  kelelahan vocal juka tidak dikembalikan pada kondisi seperti semula.

0 Response to "Pernah Menyanyi Fals ?, Berikut Cara Menghindarinya"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed