Tips Dasar Memainkan Alat Musik Keyboard Dengan Style

Anda pingin memainkan alat musik keyboard seperti keyboardist lagi performance di panggung hiburan ? kuncinya hanya satu yaitu membiasakan diri. Cara ini sobat lakukan dengan latihan yang tekun dan memahami fungsi fungsi dasar bermain keyboard yang benar. Anda tidak perlu seperti seorang pianist yang mampu mengolah tuts untuk menghasilkan nada nada yang harmonis dan enak didengar, cukup anda mengatur dan fasilitas tombol yang dimiliki oleh keyboard tersebut baik untuk menciptakan musik maupun untuk mengiringi sebuah lagu. Keyboard yang dimaksud adalah keyboard arranger atau bisa keyboard portable seperti Keyboard Yamaha Seri E dan Seri S.


Untuk bisa mengiringi sebuah lagu sobat harus menciptakan musik pengiringnya, baik yang manual (langsung dimainkan menggunakan fasilitas keyboard) maupun yang direkam dulu dan dimainkan kembali saat mengiringi lagu. Cara kedua ini lazim digunakan oleh para pemain keyboard ketika saat tampil tidak usah repot repot memainkan full arranger , namun cukup memutar kembali lagu yang sudah di rancang tersebut. Cukup memilih lagu yang diinginkan dan langsung perform, penyanyi siap menyanyikan lagunya. Inilah yang disebut dengan memainkan keyboard dengan style/ sequencer

Setiap merk keyboard mempunyai format style yang berbeda. Keyboard Yamaha berformat stylenya .sty, keyboard Casio berformat.ckf, ac7,dan lain lain. Keyboardist cukup dengan mengatur intro, kapan saatnya fill in, kapan saatnya musik sebelum reffrein , kapan saat kembali ke awal dan kapan saat lagu berakhir. Selain itu cukup dengan belajar melodi , ketukan dan akord serta nada dasar (transpose), jika penyanyi melakukan kesalahan dan kita akan menyesuaikan iramanya dengan penyanyi tersebut. Selain itu jika sobat ingin full tanpa arranger dan keyboard seakan menjadi karaoke player, silahkan menggunakan file lagu midi atau mp3 yang saat ini bertebaran di internet dan bisa anda dapatkan secara gratis untuk bisa langsung dimainkan di keyboard.

Jika sobat adalah pecinta musik dan mengenal banyak lagu termasuk dari berbagai genre lagu, hal ini adalah modal terbesar untuk menjadi seorang pemain keyboard. Anda sudah mengenal karakteristik sebuah lagu dan anda bisa mengaransmen berdasarkan fasilitas yang dimiliki oleh keyboard semirip mungkin dengan versi musik aslinya. 

Kendala utama bagi pemula biasanya ada pada melatih refleks akord yang pas dengan nada dasarnya termasuk perpindahannya. Tidak ada pelajaran yang cocok kecuali melatihnya terus agar tercipta sendiri refrlk tersebut agar bisa muncul dengan sendirinya, Selain itu adalah kecepatan tangan untuk menekan tombol tombol fiii in, metronome, transpose agar pas dengan irama nya tidak ketinggalan atau kecepatan dan terakhir adalah menciptakan melodi. Disini sobat harus bisa memainkan melodi yang pas dan enak didengar termasuk mengganti ganti karakteristiknya seperti yang mirip suara suling, gitar metal, harmonika, biola dan lain lain.Walaupun untuk memainkan melodi tidak harus semahir pianist. Tetapi untuk lagu lagu tertentu seperti medley lagu melayu atau lagu karo, sobat harus mampu memainkan melodi tersebut dengan mahir dan harus melatih refleks.

Ketiga hal diatas adalah modal awal, bahkan jika anda ingin menjadi seorang arranger menciptakan style dengan versi anda sendiri, anda bisa menpelajarinya dan mencari spesifikasi keyboard yang pas untuk belajar menjadi seorang arranger.Bagi saya keyboard Yamaha S750 adalah keyboard plaing cocok untuk belajar menjadi seorang arranger sederhana. Bagaimana dengan anda ?

Demikian tips sederhana ini semoga bermanfaat.





0 Response to "Tips Dasar Memainkan Alat Musik Keyboard Dengan Style "

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed