Tips Melatih Cengkok Dangdut Ala Rita Sugiarto dan Ikke Nurjanah

Menyanyikan lagu dangdut tidak sama dengan menyanyikan lagu pop. Perlu teknik khusus dalam melatih cengkok (lekukan suara ) yang jika kita dengarkan sungguh sungguh akan menambah nikmat lagu tersebut. Saat ini memang banyak jenis lagu dangdut yang dibuat pop (pop dangdut), atau bahkan lagu pop yang dibikin dangdut. Namun secara prinsip bahwa cengkok hanya akan nikmat didengar hanya dari lagu dangdut yang asli , bukan dibikin pop. Namun jika divariasikan dengan lagu yang mirip dangdut asli seperti koplo,bagi saya sebagai penikmat musik dangdut , enak juga didengar, tetapi tetap tak senikmat dangdut asli juga.


Nah sobat ngamen, kali ini saya akan bagikan tips bagi sobat yang ingin mempelajari cara menyanyikan lagu dengan cengkok khas Rita Sugiarto Dan Ikke Nurjanah :

Berdasarkan wawancara di sebuah stasiun Televisi Nasional, Rita Sugiarto mengungkapkan bahwa untuk melatih cengkok adalah berawal dari kebiasaan waktu kecil dengan menjadi Qori'ah dan menyanyikan lagu lagu gambus atau Qosidah. Sedangkan Ikke Nurjanah seperti yang dikutip oleh majalah Bintang.com mengungkapkan bahwa untuk memainkan suara cengkok yang ia lantunkan di lirik lirik lagu dangdut adalah dengan berolah raga dan sering menyanyi lagu India terutama melatih cengkoknya saat bangun pagi atau di pagi hari seminggu sekali atau dua kali.

Alasan kedua penyanyi dangdut legendaris diatas menurut saya sangat luar biasa karena melatih suara panjang dengan lekukan suara yang khas bisa juga didapatkan dengan melatih lagu atau suara yang mempunyai cengkok yang mirip dengan dangdut seperti qosidah, india maupun lagu melayu.

Bagi anda yang suka berkaraoke atau menyanyi lagu dangdut, bagaimana cara anda untuk melatuk cengkok, ? silahkan dong berbagi di komentar.

Demikian tips kali ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Melatih Cengkok Dangdut Ala Rita Sugiarto dan Ikke Nurjanah"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed