3 Tips Memilih Lagu Dalam Kontes Menyanyi


Salah satu kunci sukses terbesar dalam kontes menyanyi adalah pemilihan lagu, karena lagulah yang kan menentukan ciri dan karakteristik anda disamping penampilan panggung yang tentunya harus match dengan ciri suara anda. Nah berikut ini saya akan bagikan tips memilih lagu mempersiapkan diri anda dalam kontes menyanyi.
Pilih lagu yang dapat menunjang kemampuan anda dalam berimprovisasi. Disini sobat harus mampu membuat sentuhan baru dari lagu yang aslinya tetapi tidak boleh terlalu jauh dari lagu aslinya. Ambil beberapa contoh lagu yang dinyanyikan oleh beberapa penyanyi berbeda yang lagunya akan anda nyanyikan dan berlatihlah membuat improvisasi sendiri dan mintalah beberapa orang pendemgar untuk menilai penampilan improvisasi anda.
  • Pilihlah lagu yang jarang diperdengarkan atau kurang dikenal oleh orang untuk tujuan agar nilai apresiasi pendengar akan semakin tinggi dengan catatan tetap nyanyikan lagu tersebut dengan ciri khas anda.jangan pilih lagu yang sudah terkenal karena anda harus kerja keras agar anda bisa menyanyi lebih baik dari penyanyi di lagu tersebut, kalau tidak bersiaplah untuk tidak menjadi juara.
  • Piilih lagu yang bisa anda mampu mengucapkan syair atau liriknya dengan fasih seperti lagu Indonesia atau lagu daerah dengan bahasa yang sudah anda kuasai. Jangan pilih lagu barat atau daerah yang pengucapan liriknya malah membuat lagu yang anda nyanyikan amburadul.
  • Pilih lagu yang sesuai dengan pita suara anda, posisi range nada tinggi dan nada rendahnya, karakteristik suara anda untuk menyanyikan lagu jenis dangdut, rock, pop ataupun melayu dan lain lain.Buatlah senyaman mungkin dengan karakteristik suara anda dan jangan paksakan untuk menyanyi jenis lagu kesukaan anda tetapi tidak didukung oleh karakteristik suara.
Sebenarnya tidak semua hal diatas menjadi patokan dalam memilih lagu, sobat bisa berlatih dengan tekun untuk mendalami musik tertentu walaupun pada awalnya sangat asing buat anda. Anda bisa melatih panjang suara, tinggi dan rendah suara bahkan bisa melatih cengkok ( dalam musik dangdut) walaupun pada awalnya anda belum pernah menyanyikan lagu dangdut. Tapi untuk karakteristik suara yang tebal atau suara tipis adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa. Syukurilah volume suara anda dan maksimalkan dengan berlatih terus mudah mudahan juara ada di tangan anda.

Demikian tips kali ini semoga bermanfaat

0 Response to "3 Tips Memilih Lagu Dalam Kontes Menyanyi"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed