Begini Caranya Berlatih Bermain Keyboard Organ Tunggal Versi Saya

Bagi sobat ngamen yang masih newbie dalam memainkan keyboard organ tunggal, mungkin masih bingung dan tidak mengerti dalam memainkan sebuah alat musik keyboard untuk mengiringi sebuah lagu. Nah, langsung saja kali ini saya akan memberikan tips gampang memainkan keyboard tanpa harus berlama lama belajar. Yang penting sobat harus memahami fungsi dasar bermain keyboard dan memahami fasilitas keyboard yang sobat miliki. Yang saya maksudkan bukan memainkan keyboard secara otomatis (automatic player) seolah olah seperti mesin karaoke tetapi memainkan keyboard dengan menggunakan style atau sequencer ( file aransemen dasar musik tertentu yang bisa diputar kembali saat mengiringi sebuah lagu, player keyboard hanya memodifikasi sesuai dengan irama lagu saja).

Nah, saya belajar keyboard mulai dari bawah yaitu Techno 9800i, Casio CTK7000, Yamaha PSR 423, dan Yamaha PSR 443.Apapun merk dan type keyboard sobat, harus mengetahui letak tombol tombol berikut ini diantaranya :

  • Tuts Kunci pokok : C,Cm,D,Dm,E,Em,F,Fm,G seterusnya sampai pada Bm, perhatikan gambar berikut :
  • Jika masih kesulitan menekan sebuah kunci dengan 3 jari cukup lakukan hanya dengan 1 jari saja seperti kunci pada gambar dan untuk menekan tuts minor dengan cara menekan tuts kunci yang dimaksud bersamaan dengan tuts warna hitam yang disebelah kirinya. Latih tangan kiri dengan memainkan akord C,F,G sebagai dasarnya.
  • Tombol untuk memilih style yang cocok dengan lagu yang akan anda mainkan (pop, dangdut, koplo, dll)
  • Tombol untuk menaikkan dan menurunkan nada dasar (Metronome)
  • Tombol untuk memilih melodi
  • Tombol untuk Intro (awal lagu), Fill In (efek fill drum), Ending (akhir lagu).

Setelah mendapatkan tombol tombol diatas silahkan ikuti cara saya :
  • Mainkan sebuah style lagu pop yang mudah memainkan dan mengganti ganti akordnya, pilihlah akord lagu yang tidak kompleks seperti lagu Cucak Rowo yang hanya menggeser akord dari C,G dan F saja.
  • Jika ingin mengiringi lagu lagu yang anda belum mengenal akordnya, silahkan cari akord lagu tersebut di internet, letakkan gadget anda diatas keyboard dan mulai mengiringi lagu kesayangan anda.
  • Yang agak lama adalah melatih melodi, silahkan latih feeling anda dengan memulai dari lagu yang slow dulu. Tuts keyboard akan mempengaruhi melodi yang dihasilkan. keyboard Yamaha mempunyai kelembutan tuts yang lebih bagus dari pada keyboard Techno tentunya.
  • Jika ternyata orang yang anda iringi menyanyi ketinggian atau kerendahan nadanya, anda tidak usah menurunkan kunci atau menaikkan kunci anda, cukup dengan menyesuaikannya dengan menggeser metronome lebih rendah atau lebih tinggi dan anda tetap memainkan dengan kunci yang ada di gadget sobat.
  • Buat eksperimen sendiri dengan akord di gadget anda sebagai penuntun mulai dengan tekan intro, memainkan akord, modifikasi dengan fill in, melodi dan akhiri dengan ending.
Demikian tips pemula dalam memainkan keyboard.



0 Response to "Begini Caranya Berlatih Bermain Keyboard Organ Tunggal Versi Saya"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed