Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri



Cara membuat lagu yang saya tulis dalam tutorial ini  sebenarnya tidak normatif. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh komposer lagu termasuk hanya dengan otodidak. Artinya jika sobat menyukai musik dan hobbi bermusik , sobat akan dengan mudah memulai untuk mengaransmen  lagu yang sobat inginkan.
Biasanya lagu yang disukai oleh banyak orang adalah lagu yang mudah diikuti iramanya (easy listening). Untuk tema lirik tidak terlalu mempengaruhi sebuah lagu menjadi terkenal karena penikmat musik pada umumnya lebih menyukai jenis musiknya daripada lirik lagunya. Lirik lagu lebih kepada curahan atau pesan yang akan disampaikan oleh pencipta sendiri daripada lirik yang diciptakan untuk megikuti trend.

Yang pasti sobat harus mempunyai kemampuan dalam menghapal kunci atau chord baik gitar maupun alat musik yang lain untuk mengiringi lagu yang sobat ciptakan.

Nah, Langsung saja bahan bahan yang harus sobat sediakan  adalah :

  • Musik pengiring bisa gitar , piano/keyboard musik
  • Perekam lagu , gunakan perekam handpone saja biar mudah untuk di hapus jika lagu yang sobat ciptakan kurang pas.
  • Alat untuk menulis lirik.

Selanjutnya tahapan yang harus sobat lakukan dalam membuat lagu adalah :

Mencari inspirasi lagu melalui jenis musik yang sudah jadi hobi. Jika saya penyuka dangdut slow ,saya akan menciptakan lagu dengan musik yang sejenis dengan dangdut slow. Setelah itu langsung menyesuaikan dengan feeling lagu apakah langu sobat termasuk lagu yang sedih, love song, tentang religi dan lain lain. Setelah itu memilih genre lagunya saran saya baik lagu pop, rock, soul pilihlah lagu yang mudah untuk dinyanyikan oleh orang lain. Dengan cara ini lagu ciptaan sobat tentu akan mudah diingat dalam kenangan pendengar lagu sehinggga dengan demikian otomatis akan dengan mudah juga dikenal secara luas.

Selanjutnya sobat langsung bisa memulai menuliskan lirik lagu yang tentu sobat sesuaikan dengan tipe dan genre musiknya sekaligus menentukan struktur lagunya. Setelah itu tentukan nada dasarnya , mana yang paling nyaman dalam memulai menyanyikannya untuk laki laki patokannya adalah kunci C sedangkan perempuan kunci G.

Terakhir adalah mendesain struktur lagu seperti intro, melodi/interlude dan akhirnya seperti apa sebagai finishing touchnya.


0 Response to "Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed