Trik Belajar Kunci Gitar Untuk Pemula

Kunci Gitar Untuk Pemula. Sobat Ngamen , kali ini saya akan sharing tutorial tentang trik bermain kunci gitar untuk pemula. Trik sederhana yang harus sobat harus hafal adalah posisi chord atau dalam istilah umum adalah kunci. Kunci dasar gitar yang harus sobat harus sobat hafal yaitu chord :  A, Am , B , Bm , D , Dm ,E ,Em , C , G  keterangan Am : A minor , Dm : D minor dan seterusnya.

5 Trik bermain kunci gitar untuk pemula diantaranya :
  • Melatih posisi tangan untuk masing masing kunci diatas.
  • Melatih menggeser letak kunci secara berurutan dari A,Am,B,Bm dan seterusnya
  • Melatih menggeser letak kunci secara acak.
  • Melatih mengiringi chord lagu sederhana.
  • Melatih feeling kunci sebuah lagu yang akan diiringi
Dari kelima trik diatas sobat juga harus memperhatikan tips dasar dalam memainkan cara mudah bermain gitar diantaranya :

Teknik Strumming (menggenjreng) : adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan saat belajar gitar untuk pemula. Untuk teknik ini anda bisa menggunakan jari  kosong ataupun menggunakan pick gitar. Jika anda ingin menggunakan jari  kosong maka anda dapat berlatih strumming pada seluruh senar gitar. Lakukan strumming ke atas dan bawah sampai suara yang dihasilkan halus. Memang ini cukup susah untuk dilakukan jika anda baru pertama memegang gitar, tangan harus lemas untuk bisa melakukan strumming dengan halus.Selain dengan jari kosong, cara kedua yaitu menggunakan pick gitar. Cara cepat bermain gitar  ini mungkin lebih mudah untuk, anda bisa memilih pick yang tebal ataupun tipis sesuai dengan keinginan anda. Jika anda ingin suara yang dihasilkan oleh gitar keras, maka anda bisa menggunakan pick yang tebal dan sebaliknya jika anda ingin suara gitar yang tidak terlalu keras maka gunakan pick yang tipis. Menggunakan pick dapat mempermudah anda dalam melakukan strumming.Berbeda dengan teknis stumming belajar gitar akustik ,anda harus punya lebih banyak variasi stumming dalam belajar gitar akustik.

Perbedaan utama antara gitar akustik dan gitar klasik adalah, gitar klasik menggunakan senar dari nilon sedangkan gitar akustik menggunakan senar dari baja. Badan gitar klasik sedikit lebih kecil dan lebih lebar dibandingkan dengan gitar akustik. Gitar klasik memiliki ukuran yang relatif sama sedangkan gitar akustik dibuat dalam berbagai macam ukuran. Senar gitar klasik tidak dapat diganti dengan senar baja, karena terbuat dari kayu yang ringan dan tidak dapat menahan tekanan yang dihasilkan senar baja pada leher gitar ataupun mur gitar. Sedangkan senar gitar akustik dapat diganti  dengan senar nilon gitar klasik.
Perbedaan lain antara gitar klasik dan gitar akustik adalah gitar akustik dapat dimainkan dengan menggunakan pick atau plectrum karena menggunakan senar baja dan celah fingerboard sebesar 40mm. Frets berada pada tubuh gitar pada fret ke-14. Sedangkan pada gitar klasik plectrum tidak digunakan karena celah fingerboard lebarnya 50 mm dan dapat dipetik dengan jari tangan kanan. Dari leher gitar, hingga badan gitar berjarak 12 fret saja.
Gitar klasik lebih sering digunakan untuk memainkan musik klasik sedangkan gitar akustik digunakan untuk musik pop, jazz, rock atau jenis musik blues. Perbedaan karakteristik antara gitar akustik dan gitar klasik adalah  senar gitar klasik menghasilkan suara bulat mellow dengan ketegangan senar 75-90 pound sedangkan di gitar akustik senar baja menghasilkan suara metalik musik barat dengan ketegangan string 150- 200 pon. Panjang senar dalam model gitar klasik adalah 650mm sedangkan pada gitar akustik panjangnya 644mm. Gitar klasik lebih banyak disukai oleh gitaris karena senarnya lebih ringan, mudah menyeimbangkan suara dan mendukung midrange ataupun treble, sedangkan senar baja gitar akustik lebih panjang dan berat, respon bass diperpanjang dan kebanyakan disukai oleh strummers solo.

Teknik Senam jari : Jika memang ingin cepat belajar gitar untuk pemula maka cara ini sangat cocok bagi anda, meskipun cara ini membutuhkan waktu dan kekuatan tangan anda. Bagi yang sedang belajar gitar, teknik senam jari yang digunakan tidak sama ketika anda belajar melodi gitar. Disini anda perlu senam jari diluar fretboard gitar. Jadi anda dapat senam dengan menggerak-gerakkan jari jari anda. Lakukan itu setiap hari sebelum anda mulai belajar menggunakan gitar, dengan cara itu maka jari anda akan lebih lentur sehingga ketika dibutuhkan perindahan chord yang cepat anda dapat dengan mudah melakukannya. Lakukan senam jari minimal 20 menit sebelum anda belajar cara bermain gitar.

Mensetting senar tinggi :Mungkin anda akan bertanya, bukannya kalau senarnya ditinggikan jadi susah ya ? iya benar sekali, justru itulah hal yang membuat trik ini menjadi cara cepat belajar gitar. Hal itu dikarenakan jika senar tinggi dari fretboard maka anda akan lebih berusaha dengan tenaga untuk menekan senar sehingga jari jari anda semakin lama akan terbiasa menekan senar yang  keras. Jika sudah terbiasa maka pasti anda akan lebih mudah jika menggunakan gitar yang jarak senar ke fretboardnya lebih rendah. Ini menjadi salah satu trik yang memang cukup efektif untuk belajar gitar. Namun jika cara ini cukup susah untuk dilakukan maka anda tidak harus melakukannya. Untuk meninggikan senar dari fretboard jika anda menggunakan gitar elektrik maka anda bisa menyetingnya di bagian bridge. Jika anda menggunakan gitar akustik maka anda dapat memodifikasi sadle bridge (penyangga senar) yang berada di bagian bawah dengan cara meletakkan benda yang panjangnya sesuai dan lebih tinggi pada sadle bridge tersebut. Jangan khawatir, setelah anda bisa menguasai gitar maka anda dapat melepasnya kembali.

Berikut ini adalah letak posisi kunci untuk memudahkan belajar kunci gitar :

 Demikian belajar kunci gitar untuk pemula semoga bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan se cara mudah bermain gitar.


0 Response to "Trik Belajar Kunci Gitar Untuk Pemula"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed