15 Jurusan Seni Yang Prospektif Untuk Karir Anda

Banyak orang yang meragukan dan pesimis dengan masa depan karir dalam bidang seni baik seni musik, menyanyi (seni suara), lukis, patung dan lain lain. Mengapa ? karena bagi sebagian orang bahwa pekerjaan tersebut tidak terlalu dibutuhkan oleh sebagian orang, sehingga keberadaanya hanya menjadi pelengkap kebutuhan saja. 

Namun  sebaliknya tidak sedikit orang orang sukses yang berawal dari mendalami bidang seni. Bukan keberadaanya yang dibutuhkan orang tapi dari penekunan bidang seni , beliau mampu mencari celah baru seiring dengan perkembangan zaman. Dari celah inilah muncul berbagai ide dan kreasi yang segar dan bisa menjadi daya tarik bagi sebagian para apresiator seni. Inilah orang orang yang akan survive ditengah ketatnya persaingan  bidang kesenian apalagi menekuni kesenian harus mampu meningkatkan penghasilan untuk kebutuhan hidup sehari hari.

Dari sekian banyak bidang seni yang ada, beberapa diantaranya bisa menjadi prospek masa depan anda. hal ini bisa sobat lihat dari jurusan jurusan di perkuliahan yang ada saat ini diantaranya :

1. Ilmu Seni Bebas (Liberal Arts)
Ilmu ini menggabungkan berbagai konsep lintas disiplin termasuk ilmu politik, ilmu budaya, pendidikan dan ilmu sosial lain untuk membangun perspektif lintas bidang.
2. Desain Grafis
Tidak hanya mempelajari teori desain grafis, mahasiswa jurusan ini juga belajar ilmu tentang warna, fotografi, tipografi, membuat website, komunikasi visual dan desain iklan komersial.
3. Seni Pertunjukan dan Visual
Biasanya mahasiswa jurusan ini memfokuskan studi pada salah satu bisang seperti seni, desain, tari, musik atau teater.
4. Desain media interaktif dan games
Kurikulum jurusan ini menggabungkan ilmu komputer dengan berbagai elemen seperti animasi, grafis dan desain suara.
5. Seni Murni/Studio
Di antara cabang seni murni yang bisa ditekuni adalah seni patung, seni lukis, ilustrasi, animasi atau pertunjukan.
6. Drama/Seni Teater
Kurikulumnya menyeimbangkan pendekatan berbagai disiplin. Mahasiswa diberi instruksi dalam membaca, berkating, menyutradarai, teori drama, serta konsep desain dan teknologi panggung.
7. Ilmu Seni
Para mahasiswa jurusan ini akan mempelajari sejarah seni serta berbagai elemen antropologis dan estetis yang menyertai perkembangan seni.
8. Desain interior
Di antara ilmu yang akan dipelajari di jurusan ini adalah drafting arsitektural, teori warna dan desain pencahayaan.
9. Retorika dan Komposisi
Jurusan ini biasanya mempelajari studi literatur, puisim jurnalisme, penulisan tingkat lanjut, teori komposisi dan aspek lain dalam seni verbal dan komunikasi.
10. Seni Digital
Fokus ilmu ini pada konsep seni berbasis komputer seperti video, animasi dan modelling tiga dimensi.
11. Manajemen Seni Murni
Jurusan ini memfokuskan kajian pada aspek bisnis dari seni.
12. Seni Periklanan dan Komersial
Lulusan jurusan ini memahami konsep branding, perencanaan dan manajemen strategis periklanan serta pengetahuan tentang teori warna dan tipografi.
13. Musik
Umumnya kurikulum seni musik menggabungkan teori dan praktik berupa pertunjukan. Mahasiswa juga akan belajar tentang dunia bisnis musik dan rekaman.
14. Desain fesyen
Mahasiswa jurusan desain fesyen ini diharapkan memahami ilustrasi fesyen, pembuatan pola, pengepasan busana dan teknik menjahit untuk dunia fesyen tingkat atas.
15. Menulis Profesional
Mahasiswa jurusan ini belajar bagaimana menulis secara formal dengan berbagai konsep dan teknik gramatika

0 Response to "15 Jurusan Seni Yang Prospektif Untuk Karir Anda"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed