Cara Mudah Menghilangkan Suara Melodi Di File Midi

Jika kita telusuri lebih jauh sebenarnya midi adalah file yang mempunyai banyak channel - channel suara yang bersumber dari beraneka ragam suara musik seperti drum, bass, melodi, flute dan lain lain. Berbagai macam suara tersebut direkam dan diharmonisasi, jadilah file musik lagu atau karaoke berformat midi. Midi bisa dibuat melalui aplikasi komputer atau bisa diarrange melalui alat musik keyboard (yang mempunyai fasilitas). Oleh karena itu jika sobat mendapatkan sebuah file lagu karaoke midi di internet jika ingin sobat input kedalan keyboar kesayangan, belum tentu bisa kompatibel dengan keyboard sobat, karena tempat membuat midi bisa jadi berbeda dengan format midi player keyboard sobat. Oleh karena itu jika tidak kompatibel lakukan secara trial dan error saja karena tidak ada panduan khusus untuk mengidentifikasi asal dari alat apa midi dibuat.

Pada posting kali ini saya tidak membahas lebih jauh tentang file midi, namun jika sobat mendapatii file midi lagu kesayangan ternyata dalam file tersebut muncul suara melodinya (penyanyi) rasanya kurang enak kalau digunakan untuk mengiringi lagu. Jika midi tersebut diputar di Van Bosco tidak menjadi masalah, karena channel melodinya bisa di disable (nonaktifkan), namun jika kita gunakan untuk mengisi lagu di keyboard Yamaha seri E, misalnya. Ternyata tidak secara otomatis melodinya hilang. Oleh karena itu kita harus menghapus melodi tersebut sehingga lagu yang dihasilkan , enak untuk mengiringi kita dalam menyanyikan lagu.

Lalu bagaimana caranya, ternyata sangat mudah :
  • Pertama tama sediakan file midi yang akan dihapus melodinya
  • Instal laptop dengan FL Studio
  • Buka dan pilih File > Open 
  • Pilih File midi yang akan dihilangkan melodinya
  • Di tab Import Midi data klik accept saja
  • Ada channel channel suara midi dan tandai mana midi yang mengeluarkan suara melodi, caranya dengan , play midi tersebut , jika sudah dapat sumber suara melodi yang dimaksud, matikan lampu warna hijau kecil dengan cara klik lampu tersebut berikut penampakannya :


Setelah memastikan bahwa yang di nonaktifkan adalah sumber suara melodi, tinggal simpan filenya dengan cara, Klik File > Save jangan lupa extenson filenya midi 
Selamat file midi sobat sudah hilang suara melodinya


0 Response to "Cara Mudah Menghilangkan Suara Melodi Di File Midi"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed