6 Lagu Religi Siap Bersaing di Bulan Ramadhan 2017

Masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam punya kebiasaan khas selama Ramadan, di luar ritual ibadah. Maklumlah, atmosfer religi makin kental terasa selama bulan suci. Dan, itu ditangkap industri entertainmen, terutama musik.
Selama lebih dari dua dekade pasar musik jelang Ramadan dibanjiri oleh lagu religi. Bahkan pasar yang menggiurkan itu juga diisi oleh band atau penyanyi solo pop yang terbiasa melempar karya lagu mainstream.
Artinya genre ini tak lagi didominasi oleh Bimbo yang sepanjang tahun 1980-an dan 1990-an dikenal lekat dengan lagu religi.

Lagu religi menjadi istilah yang khas untuk tembang dengan lirik tentang puji-pujian kepada Sang Khalik dan juga ajaran Islam yang universal. Dan ini untuk membedakan istilah lain di pasar musik, yaitu lagu rohani yang biasa dilekatkan pada karya lagu gospel atau tembang kaum Nasrani. 
Nah, belakangan band juga dapat label penyanyi religi yang memiliki hit sukses adalah Gigi Band. Tahun ini, Armand Maulana dan kawan-kawan bahkan melempar album religi kesembilan. Inilah sebuah konsistensi yang manis dari pelaku musik di Tanah Air. 
Tak heran Gigi Band sudah memiliki penggemar yang selalu menanti karya lagu religi mereka setiap Ramadan. Dan, tahun ini Gigi Band tak sendiri karena ada beberapa lagu religi lain yang juga memeriahkan pasar.
Siapa saja artis yang memiliki lagu religi di bulan suci tahun ini? Inilah beberapa di antaranya.


Fatin Shidqia

Fatin Shidqia Lubis demikian nama lengkapnya sudah memiliki penggemar yang militan. Sejak menjadi juara di sebuah ajang kompetisi menyanyi di televisi, beberapa tahun lalu,  Fatin terbiasa melempar karya pop mainstream meski dirinya sendii berhijab.
Dan, tahun ini Fatin kembali mencoba mencicipi pasar lagu religi. Beberapa hari sebelum bulan suci karya itu diperkenalkan ke publik.
Tidak tanggung-tanggung, Sony Music Entertainment Indonesia produser yang menaungi Fatin, memilih Tohpati sebagai aranger lagu religi itu yang berjudul "Ketika Tangan dan Kaki Berkata".
Ya, ini memang bukan lagu baru karena Fatin membawakan hit lawas mendiang Chrisye yang liriknya ditulis oleh penyair Taufik Ismail. Diketahui lagu itu liriknya terinspirasi dari surat Yasin ayat 65.
Inilah single kelima Fatin yang bergenre religi. Sebelumnya Fatin sempat merilis single religi "KekasihMu" dan "Cahaya di Langit Itu", empat tahun lalu. Dan lagu religi  "Oh Tuhan" dan "Proud of You Moslem", pada 2014.
Dan, bagaimana Fatin menghayati lagu religi terbarunya yang diketahui memiliki makna sangat dalam itu? "Saya sudah akrab dengan lagu ini sejak kecil. Alhamdulillah sebuah kehormatan ketika membawakan kembali lagu yang melengenda dan abadi ini," kata Fatin saat peluncuran lagunya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017).
Dari segi aransemen musik, Tohpati membedakannya dengan versi asli yang digarap Erwin Gutawa, dua dekade lalu. "Tapi lagu versi Fatin ini tidak menghilangkan keindahan mood dasar lagunya," kata musisi yang akrab disapa bontot ini. 

Fadly Padi

Fadly Padi sepertinya makin mengukuhkan nama sebagai pencetak tembang religi ngehit. Setelah membawakan  tembang Maher Zain, "Inshaallah" dalam versi bahasa Indonesia, Fadly Padi seperti tak bisa lepas dari imej penyanyi lagu religi. 
Tahun ini, pemilik nema lengkap Andi Fadly Arifuddin digandeng DNA Production untukmelempar dua lagu religi. Lagu-lagu itu berjudul "Selimut Putih" dan "Menunggu PanggilanMu". Lagu religi Faldy Padi terangkum dalam album Religi Terbaik, yang juga memuat lagu religi Maher Zain dan lain-lainnya. 
Dalam proses produksi, Fadly dibantu produser musik Steve Lillywhite. Selain sebagai CEO Jagonya Musik dan Sport Indonesia, yang mengedarkan lagu Fadly Padi lewat gerai KFC, Steve Lillywhite juga mengurus mastering lagu. "Hasil lagunya benar-benar bikin saya senang banget. Musik dan liriknya seru dibawakan," papar Fadly.
"Lagu religi juga harus punya sound yang berkualitas, tambah Steve Lillywhite yang dikenal sebagai produser U2 dan peraih beberapa Grammy Awards. Jelas, dua lagu religi Fadly Padi ini menjadi istimewa karena ditangani musisi sekelas internasional. Fadly dan produser menjagokan lagu religi "Selimut Putih".
Ini sebenarnya tembang lawas ciptaan Ahmad Baki yang liriknya tentang kematian. Fadly Padi membawakannya dengan penuh penghayatan. 

Gigi Band

Sembilan kali Ramadan meluncurkan album religi jelas bukan prestasi main-main buat Gigi Band. Armand (vokal), Bujan (gitar), Thomas (bas) dan Hendy (drum) menunjukkan konsistensi dalam genre lagu religi di luar karya lagu mainstream mereka. Tak heran Gigi Band pun ditahbiskan sebagai salah satu band yang sukses menelurkan lagu religi menjadi ngehit. 
Album religi kesembilan GIGI ini berjudul Setia Bersama Menyayangi dan Mencintai, diluncurkan dua pekan sebelum Ramadan tahun ini. Ada delapan lagu di album ini di antaranya: "Sifat 20", "Beribadah Yok", "Gerbang CintaMu', dan "Munafik".
Istimewanya, album Gigi Band menjadi ajang reuni bagi mantan personel band yang sudah hengkang, Armand menggandeng kembali mantan personel Gigi Band : Aria Baron (gitar), Ronald Fristianto (drum), Budhy Haryono (drum), dan Opet Alatas (gitar) dalam lagu "Setia Bersama Menyayangi dan Mencintai".
“Belum ada rekaman yang main drum tiga orang kan. Biasanya kan manggung yang kayak gini,” ungkap Budjana.Album ini juga istimewa karena memuat lagu "Adu Domba", karya Rhoma Irama. "Adu Domba" menjadi tembang andalan Gigi Band sebagai lagu religi tahun ini.
"Ini lagu favorit kami yang diaransemen ulang.Musiknya menjadi lebih fresh,” kata Thomas. Liriknya lagu “Adu Domba dirasakan pas untuk menyentil kondisi masyakart saat ini.

Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting lagi, Ayu Ting Ting lagi. Mungkin begitulah pikiran sebagian masyarakat. Atau terbit sebuah pertanyaan, memangnya Ayu Ting Ting membawakan lagu religi? Ya, begitulah adanya. 
Rupanya penyanyi dangdut asal Depok ini, punya lagu religi berjudul "Yuk Puasa", yang diluncurkan Ramadan tahun ini. Penyanyi kelahiran 20 Juni 1992 itu rupanya sudah lama sekali ingin punya lagu religi. "Senang banget karena produser mengijinkan," katanya, saat diwawancarai salah satu tayangan infotainmen. 
Uniknya, untuk mempromosikan lagu religu perdananya ini, Ayu Ting Ting membuat videoklip yang diunggah di akun Instagramnya. Dan, bayangkan saja ya yang menjadi model klipnya adalah keluarganya sendiri.  "Kebetulan melibatkan keluarga dan juga ada fans gitu," kata ibu satu anak ini.
Modelnya, ada Bilqis, putri semata wayang Ayu; Syifa adiknya; dan Rojak serta Umi Kalsum, kedua orang tua Ayu Ting Ting. Klip lagu religi Ayu Ting Ting jelas langsung menyedot perhatian followersnya. Cuma ya itu, seperti biasa selain pujian, Ayu Ting Ting memang dikenal sebagai artis yang langganan dikritik oleh warganet. 

Sandhy Sondoro

Sandhy Sondoro rupanya ingin juga mencicipi pasar lagu religi di Tanah Air. Pada Ramadan tahun ini, penyanyi yang lama berkarier di Jerman itu merilis lagu religi bertajuk "Lillahi Ta'aala".
Sesuai dengan informasi yang diterima wartawan, lirik lagu ini diharapkan bisa mengajak masyarakat untuk saling mempererat tali
silaturahmi antar sesama umat manusia. "Apalagi bulan Ramadhan adalah bulan suci penuh
berkah untuk saling silaturahmi dan memaafkan," begitu keterangan siaran pers dari produser.
Sandhy Sondoro mengakui termasuk tipe orang yang gemar bersosialisasi dan bersilaturahmi.  "Apapun yang kita lakukan di bumi ini adalah kebaikan dan karena Allah atau Lillahi Ta'aala," paparnya. Untuk proses pembuatan single religi yang bernuansa etnik ini, Sandhy mengajak Yudhis Arianto
sebagai Co-Producer.
“Proses pembuatan lagunya cukup cepat. Dapat inspirasi lagunya juga hanya beberapa jam saat duduk santai di pagi hari. Lalu bikin rough demo kemudian diolah oleh Yudhis untuk selanjutnya rekaman. Semua dilakukan di bulan April lalu,” jelas Sandhy. Mampukah lagu religi Sandhy ini bakal bersaing dengan tembang-tembang Islami lainnya yang diluncurkan tahun ini?

Charly van Houten

Apa kabar Charly Van Houten? Lama tak terdengar meluncurkan lagu bersama bandnya, Setia Band, kini Charly mencoba peruntungan di pasar lagu religi. Rupanya Charly tidak sendirikarena dia menggarap lagu religi ciptaa Dedi Mulyadi yang dikenal sebagai Bupati Purwakarta.
Beberapa waktu lalu, Charly Van Houten sempat menuturkan dia menyiapkan enam lagu religi. Salah satu lagu jagoannya berjudul "Tersesat". "Lagu itu yang akan dibuatkan videoklipnya," tambah musisi asal Cirebon ini. Penggerapan lagu-lag religi yang dibawakan Charly ini dilakukan di Bandung.
Entah seperti apa nasib lagu religi Charly Van Houten kelak? Selama ini track records Charly bersama band yang dimotorinya memang cemerlang.
Sejak mendirikan band ST 12 dan kemudian hengkang serta memilih membentuk Setia Band, Charly Van Houten dikenal bertangan dingin. Banyak hit bergenre pop Melayu yang diciptakannya dan membuat ST 12 dan Setia Band melejit. 

Sumber : Liputan6.com

0 Response to "6 Lagu Religi Siap Bersaing di Bulan Ramadhan 2017"

Post a Comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed