Tips Memilih Dan Menggunakan Headset Atau Earphone Yang Aman Untuk Mendengarkan Musik

Tips Memilih Dan Menggunakan Headset Atau Earphone Yang Aman Untuk Mendengarkan Musik

Ngamen Blog | Sering kita dengar istilah headset dan earphone dengan nama headphone, backphone, handsfree, dan handset.Walaupun bentuknya berbeda beda nama, namun alat yang digunakan untuk mendengarkan musik ini terbagi menjadi 2 bentuk dan fungsi utama untuk headphone, headset dan backphone bentuknya besar dan untuk mendengarkan musik alat ini diletakkan pada posisi menutupi kedua telinga atau telinga kita tidak tampak tertutup oleh alat. Sedangkan earphone, handsfree atau ear bud bentuknya kecil dan untuk menggunakannya disumbatkan atau dimasukkan ke dalam lobang telinga.

Mendengarkan musik melalui perangkat suara yang ditutupkan atau ditempelkan ke telinga tampaknya sepele, namun jika tidak tahu cara memilih dan menggunakannya bisa mengakibatkan mengurangi bahkan bisa kehilangan pendengaran. Sebaik apapun, sebagus apapun kualitas headset Anda, dan seaman apapun yang dijamin produsen headset yang Anda beli, sampai saat ini belum ada produsen headset yang bisa menjamin telinga sobat akan tetap sehat.

Tips Memilih Dan Menggunakan Headset Atau Earphone Yang Aman Untuk Mendengarkan Musik

Berbagai penelitian menggunakan alat bantu telinga ini menyimpulkan bahwa kerusakan pendengaran semakin meningkat karena diakibatkan oleh penggunaan headset atau earphone yang salah. WHO melaporkan bahwa lebih dari 1,1 juta orang berusia 12-35 tahun berisiko kehilangan pendengaran karena hal ini. Pada tahun 1994, 3,5% remaja Amerika mengalami kehilangan pendengaran, tapi angka tersebut meningkat pada tahun 2006 sampai 5%.

Lalu bagaimana cara memilih dan menggunaka headset yang aman

Bagi pehobi dan pecandu musik bebrapa tips berikut penting dalam memilih jenis headset yang bagus :

 1.Pilihlah earphone dengan ukuran yang bisa sesuai dengan telinga kamu. Jangan kegedean dan jangan pula kekecilan. Untuk earphone pilihlah yang earphone In-Ear Monitor (IEM), biasanya jenis ini menggunakan karet dan masuk sampai ke dalam lubang telinga.Kelebihannya tidak sakit ketika dipakai. Namun hanya beberapa merk earphone jenis ini memiliki bud yang nyaman untuk masuk di telinga.
 
2. Jika membehi headphone atau earphone on ear pilihlah yang  menutupi setidaknya 95 persen dari telinga kamu. Sehingga bisa dipakai dengan nyaman dalam jangka waktu yang lama.

3. Jangan beli melalui online karena kamu harus mencoba untuk menyesuaikan dengan bentuk teling anda.

4. Lihat spesifikasi lengkapnya. termasuk impedance, sensitivitas,maupun noisenya. Tidak ada patokan khusus untuk batasannya namun semakin tinggi impedansi perangkat, arus tegangan yang mengalir akan berkurang. namun untuk sensitivitas dan noisenya , kamu harus memilihdengan tingkat sensitivitas mid-range. saja jangan memilih memilih sensitivitas high-range, dan noise berfungsi untuk memblokir segala jenis kebisingan.

Selain memilih headset yang aman cara menggunakannya juga harus diperhatikan untuk selalu menjaga telinga tetap sehat , berikut diantarannya :

1. Usahakan mengurangi waktu mendengarkan musik melalui headset .WHO  menyarankan agar mendengarkan musik melalui headset paling lama 1 jam per hari.

2. Hindari menggunakan headpset atau earphone kecil yang langsung masuk ke dalam lubang telinga. Lebih baik headphone besar atau yang pas ke telinga karena selain lebih nyaman masih ada udara yang masuk ke dalam telinga. 

3. Hindari berbagi headset dan earphone Anda kepada orang lain. Hal ini untuk menghindari infeksi telinga. 

4. Pastikan Anda mengganti spons atau karet penutup headset atau earphone Anda sebulan sekali. Jika earphone atau headset Anda tidak memiliki spons, pastikan untuk membersihkan mereka.Selain itu sering seringlah bersihkan dari debu maupun kotoran lainnya yang menempel di perangkat.

5. Jangan menggunakan earphone atau headset ketika mengendarai mobil, atau berpergian menggunakan kereta, bus kota atau berjalan kaki. 

6. Ini yang paling penting, jangan mendengarkan musik dengan volume yang keras ketika menggunakan earphone headset Anda. WHO menyarankan volume suara tidak lebih dari 60%..
BACA JUGA :  5 Manfaat Dengerin Musik Sebelum Tidur
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed