Tips Sukses Menawarkan Dan Menjual Lagu Ke Produser Atau Penyanyi

Tips Sukses Menawarkan Dan Menjual Lagu Ke Produser Atau Penyanyi

Ngamen Blog | Bagi sobat Ngamen yang suka mencipta lagu dan ingin mendapatkan penghasilan dari lagu lagu yang sobat ciptakan, Sobat bisa menawarkan kepada produser atau penyanyi profesional. Namun ternyata kegagalan menjual lagu tidak hanya pada kualitas lagu yang diciptakan saja tetapi juga faktor faktor lain yang sebenarnya tidak sobat sadari. Berikut faktor faktor lain yang bisa mempengaruhi kesuksesan sobat dalam menjual lagu :

1. Karakter Lagu. Pemilihan lagu oleh produser dan penyanyi biasanya berdasarkan kecocokan struktur nada dan lirik dengan penyanyinya. Maksudnya, penyanyi yang membangun karakternya sebagai penyanyi solo yang melankolis tentu lebih memilih lagu dengan tema cinta mendayu-dayu. Mereka mungkin akan menolak lagu-lagu bertempo cepat dan bertema sosial.

2. Packaging. Meskipun demo lagu yang mau disodorkan kepada produser dan penyanyi ini belum mencapai tahap menjual ke pasar, ada baiknya packaging saat memberikan demo tersebut juga diperhatikan. Packaging tersebut seperti kualitas rekam lagu haruslah baik didengar. Isinya ada baiknya minimal gitar dan vokal, jangan instrumen saja -kalau memang demonya untuk penyanyi atau jangan vokal saja. Sertakan juga judul lagu dan lirik lagunya.

3.  Publisher. Bisa jadi kamu sudah memiliki publisher ataupun belum. Publisher ini adalah yang bertanggung jawab untuk memastikan kamu, penulis lagu ataupun komposer, mendapatkan bayaran yang sesuai atas karya kamu  yang dikomersialkan. Misalkan kamu sudah memiliki publisher, sertakan nama mereka pada demo karya kamu agar bila produser dan penyanyi tersebut merasa cocok dapat menghubungi publisher tersebut masalah harga. Jika belum memiliki publisher, kamu dapat langsung menegosiasikan harga dengan produser atau penyanyi. Namun kerugiannya adalah kamu akan kesulitan mengontrol apabila karya kamu dikomersialisasikan dalam bentuk lain yang belum ada di kesepakatan kamu. Silahkan baca tulisan gue tentang pentingnya music publishing.

4. Negosiasi Harga. Menyambung point nomer tiga diatas, ketika produser dan penyanyi tertarik dengan lagu yang ditawarkan, mereka akan menanyakan harga yang kamu minta. Untuk patokan harga yang ideal memang tidak ada. Kita ingat kisah bagaimana Ahmad Dhani membeli lagu Neng Neng Nong Neng lewat program reality show Indonesian Idol. Ya seperti itulah negosiasi harganya suka suka!

5. Relationship. Jaga terus komunikasi dan hubungan baik tak hanya pada target produser dan penyanyi inceran kamu. Orang-orang disekitar mereka juga dapat memberikan peran agar lagu kamu dapat dinyanyikan atau diproduseri oleh target kamu. Atau bahkan siapa tau lagu kamu tidak cocok buat si target namun direkomendasikan ke penyanyi atau produser lain yang kira-kira cocok dengan lagu kamu. Eksistensi di komunitas musik ini yang dapat memperlancar karir kamu.

Sumber : www.widiasmoro.com
BACA JUGA :  Tips Mengembangkan Bakat Menyanyi Pada Anak
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed