Mengatasi Colokan Power Charger Yang Rusak Pada Keyboard Casio

Mengatasi Colokan Power Charger Yang Rusak Pada Keyboard Casio

Ngamen Blog  | Deretan merk alat musik keyboard yang digunakan terutama untuk belajar bermain musik adalah Keyboard Casio. Keyboard ini mempunyai keunggulan dari segi fitur dan harga. Dengan harga yang lebih murah sobat bisa dapatkan fitur yang lengkap terutama dibandingkan dengan keyboard Yamaha. Walaupun demikian untuk kualitas suara, keyboard Yamaha masih lebih unggul. Namun jika dibandingkan dengan keyboard Techno tentu kualitas suara Casio masih lebih bagus.

Pada artikel kali ini blog Ngamen tidak mereview keyboard Casio, namun akan membagi artikel tentang cara mengatasi colokan power di keyboard casio yang rusak atau tidak bisa terhubung dengan daya.

Perlu diketahui bahwa keyboard merupakan salah satu alat musik elektronik artinya alat ini tidak bisa berfungsi tanpa membutuhkan daya. Mungkin sobat yang sering mobile atau menggunakan alat ini secara berpindah pindah tidak ada masalah karena lebih nyaman menggunakan baterai pada keyboard dibandingkan dengan menggunakan power adapto. Namun jika tidak dan hanya digunakan di rumah lebih baik menggunakan adaptor untuk urusan daya. Nah, khusus keyboard jenis Casio terutama model CTK 7000 yang saya gunakan sepertinya colokannya lebih kecil dan baik colokan dan  lobangnyapun sudah rusak. Jika hal ini terjadi sobat Ngamen tak perlu khawatir. Cukup dengan membuka casing keyboard dan sambungkan dengan kabel yang menghubungkan titik DC power yang ada dibagian pinggir PCB -nya.

Untuk membukanya sangat mudah sobat cukup membuka 8 baut yang ada di bagian bawah dipinggir dan tengah. Setelah terbuka buka pelan pelan casingnya dan lihat dimana letak lobang colokan power DC yang rusak tersebut. Sobat secara kasat mata bisa mengurutnya dari luar kedalam mana titik yang bisa di solder atau melengketkan kabel ke PCB . Jangan khawatir terbalik kutub positf dan negatifnya karena jika sobat menghubungkannya ke adaptor dalam keadaan terbalik, maka keyboard tidak akan hidup. setelah itu cukup balikkan posisinya jika hidup berarti sudah tidak ada masalah. Jika tidak hidup cek kembali apakah posisi melengketkan kabel ke PCB tepat pada bagian lobang colokan atau tidak.


Nah, setelah dicek hidup tutup kembali dan keyboard siap dimainkan. Oh, ya sobat jika ada kerusakan pada adaptornya sobat juga bisa menggunakan adaptor ac ke DC sendiri ada ada yang dijual di pasaran atau sobat juga bisa membuatnya sendiri yang penting outputnya 12 volt DC. Seperti yang saya buat buat dibawah ini :


Demikian semoga bermanfaat. Cara diatas saya lakukan atas pengalaman sendiri dengan kemampuan dasar elektronik biasa. Jika sobat menganggap kurang mampu silahkan membeli charger di distributor keyboard Casio. 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed