Gaya Vokal Dalam Menyanyi Pop Dangdut Jazz Dan Keroncong

Gaya Vokal Dalam Menyanyi Pop Dangdut Jazz Dan Keroncong

Ngamen Blog | Supaya bisa menyanyi dengan baik, penanyi harus mampu menguasai lagu yang akan dibawakannya. Gaya menanyi pada musik rock pasti jauh berbeda dengan gaya musik keroncong atau dangdut. Oleh karena itu latihan penguasaan terhadap irama lagu harus diperhatikan oleh seorang penyanyi. Umumnya pada saat menanyi, seorang penanyi akan diiringi oleh pengiring lagu seperti keyboard organ tunggal, band, orkestra dan lain lain. Pengiring yang baik mampu menantang penyanyi untuk menguasai irama. Gaya gaya vokal yang ada dapat dilihat beradasarkan jenis musiknya. berikut adalah gaya gaya vokal dalam menyanyi pop, dangdut, jazz dan keroncong :


Gaya Vokal dalam irama pop 


Musik pop berarti musik populer yaitu musik yang ringan dan menyenangkan dengan menekankan pada sifat hiburan. Tak heran musik pop banyak diminati para insan musik.  Ciri dan gaya khas penyanyi pop adalah pengujaran bunyi dengan cara yang natural dan ekspresif. Disamping lebih aman bagi timbre penyanyi, juga sangat mempengaruhi kenyamanan dan kewajaran artikulasi. Penyanyi pop umumnya lebih meemntingkan hasi alkhir ucapan yang jelas dan benar ketimbang terlalu mematok teknik pembentukan mulut.

Sebenarnya untuk menentukan gaya musik pop tidaklah mudah. Hal ini karena aliran musik pop  selalu berubah seiring perkembangan zaman. Namun, hal utama dari gaya vokal pop adalah sangat ekspresif, dalam artian bebas untuk mengutarakan suatu nyanyian. Ciri lain dari irama pop adalah lebih diutamakannya hasil ornamentasi nada nada akhir satu nada keatas atupun kebawah, sesuai kemampuan dalam mengimprovisasi ornamentasi. Untuk membawakan lagu pop sebaiknya tidak banyak cengkok. Hanya pada ketukan ketukan nada pertama, diberi aksen untuk mempermanis nada nada berikutnya. Gaya natural penyanyi dapat menjadi poin penting dalam membawakan lagu pop.

Gaya vokal dalam irama dangdut


Dalam musik dangdut,  gaya vokal tidak memiliki batasan.  Namun musik dangdut sangat kental dengan teknik cengkoknya. Irama dalam musik dangdut dapat dibedakan dalam 3 macam yaitu senandung (sanagt lambat), lagu dua (iramanya agak cepat) dan mak inang (lebih cepat). Lagu dangdut juga miskin improvisasi, baik melodi maupun harmoni. 

Gaya vokal musik Jazz


Musik jazz memiliki ciri dengan banyak perubahan aksyen (sinkop), kelebihannyua adalah untuk berimprovisasi. Yang termasuk adalam kategori old style Jazz diantaranya swing adn foxtrot, sedangkan jazz gaya modern misalnya boogie-woogie. Ada pula jazz rock yaitu ragam irama musik yang menggabungkan musik jazz dan rock.


Gaya vokal musik keroncong 


Gaya vokal musik keroncong diwarnai dengan vibrato yang keras (dianggap sebagai kuatnya ekspresi emosi). Bagi penanyi yang telah memahami alur musik keroncong, Mereka cukup pola yang berlaku. Improvisasi dapat dialkukan dengan menjaga konsistensi pola tersebut.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed