Tips Menjaga Kualitas Suara Dalam Menyanyi

Tips Menjaga Kualitas Suara Dalam Menyanyi

Ngamen Blog | Mempunyai suara merdu dan indah adalah suatu karunia yang harus disyukuri. Namun hanya dengan suara yang indah saja tidak cukup untuk menjadi seorang penyanyi profesional. Selain harus mempunyai suara yang indah , penyanyi profesional juga harus adapat memelihara kualitas suaranya agar tetap konsisten dalam setiap penampilan. salah asatu penilaian orang terhadap penyanyi biasanya dipengaruhi oleh suara sang penyanyi. Oleh sebab itu, sangat penting bagi seorang penyanyi untuk menjaga kualitas suaranya. Penyanyi yang sehat dan senantiasa memelihara suaranya dengan baik, seharusnya dapat menyanyi hingga usia lanjut. Ada beberapa hal yang sangat baik dilakukan untuk menjaga kondisi suara kita. Berikut adalah tips-tips sederhana yang dapat membantu menjaga kualitas suara kita :


1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh 


Pita suara kita bergetar sangat cepat. Dengan memperbanyak minum air, pita suara akan tetap menjadi basah. Selain itu, mengkonsumsi buah buahan dengan akdar air yang tinggi akan sangat baik seperti apel, pir, semangka, melon, anggur dan sebagainya. Akan tyetapi jauhi minuman alkohol, kafein dan minuman bersoda. Meminum air jeruk nipis akan lebih baik jika dilakukan. dari penelitian yang dilakukan beberapa ahli, cara ini ternyata dapat meningkatkan kualitas suara lebih bening dan merdu.

2. Jauhi Merokok


Seorang penyanyi, sebaiknya tidak merokok karena akan mengganggu organ pernafasan. bahkan menaikkan resiko terkena kanker organ pernafasan. Hindari pula asap rokok dapat mengakibatkan iritasi pada pita suara

3. jangan menyalahgunakan suara.


Istirahatlah berbicara beberapa kali setiap hari, terutama jika telah digunakan secara ekstensif. Suara kita juga memerlukan istirahat, salah satunya adalah menghindari berbicara bisik bisik. hal ini diketahui karena  2 per 3 partisipan dari sebuah penelitian mengalami beban yang lebih besar pada pita suaranya  ketika berbisik ketimbang berbicara normal. Selain itu, jauhi kebiasaan berteriak teriak serta berbicara dengan keras diruangan yang ribut. Suara serak merupakan pertanda pita suara mengalami iritasi.

4. Upayakan otot leher dan tenggorokan selalu rileks.


Biarkan otot leher dan tenggorokan rileks meskipun sedang menyanyi pada nada tinggi atau rendah. beberapa penyanyi mengangkat kepala  ketika menyanyikan nada tinggi dan menunduk jika menyanyi nada rendah untuk menghindari tegangan yang berlebih pada otot. Jika terjadi tegangan yang berlebih untuk waktu yang lama, bisa menyebabkan turunnya jangkauan nada suara.

5. Perhatikan cara berbicara


Walaupun seseorang memiliki kebiasaan menyanyi yang baik, ia pun dapat mengalami luka saat berbicara karena banyak banyak penyanyi yang tidak memperhatikan cara berbicara, apakah menyebabkan iritasi pita suara atau tidak. Penyanyi profesional pun dapat mengalami gangguan pita suara ketika mereka berbicara. saat berbicara  harus banyak banyak menarik nafas.

6. jangan batuk terlalu sering


Pada saat kita batuk (bukan sakit batuk, tapi aktifitas batuk) sama dengan melakukan tegangan pada semua otot pernafasan dan pita suara sekaligus. batuk terlalu sering bisa melukai otot dan menyebabakan suara serak. Minumlah air untuk mengurangi gatal di tenggorokan.

7. Berhemat suara ketika sakit.


Jangan banyak berbicara saat suara kita sedang serak karena demam atau infeksi

8. Mengontrol stress


Stres yang berlebihan dapat mengakibatkan menurunnya kualitas suara. Gunakan teknik relaksasi dan bernafas yang dalam dapat mengurangi stres.

9. Hindari makan terlalu malam.


makan telalu malam mengakibatkan pencernaan yang tidak sempurna sehingga mempengaruhi kinerja tenggorokan sehingga mempengaruhi kualitas vokal.

10. Hindari teralu lama dalam kondisi cuaca panas atau dingin.


Menurut penelitian, teralau banyak berjemur dipanas matahari atau terlalu lama berada diruangan bert AC dapat mengganggu dan menurunkan kualitas suara.

11. Melakukan Pemanasan


Melakukan latihan vokal sama seperti melatih otot. Oleh sebab itu dibutuhkan pemanansan. Teknik yang dapat dilakukan antara lain melakukan pelemasan otot otot wajah. Caranya, wajah diciutkan bersamaan dengan menguncupkan jari jari kedua belah tangan. lalu dilebarkan dengan menjulurkan lidah. frekwensi 5 kali masing masing 5 hitungan. Selain itu dapat pula melakukan pelemasan otot otot rahang. caranya, mengatupkan gigi dengan kuat, sementara bibir terbuka bersamaan dengan itu kedia tangan dikepalkan, 1o kali masing masing 5 hitungan. Latihan pemanasan baik juga dilakukan pada pita suara agar tetap lentur. caranya cukup bersenandung kecil beberapa menit dipagi hari. 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed